Mengaktifkan Proteksi RouterBOOT Mikrotik

 

beberapa waktu yang lalu banyak pengguna perangkat mikrotik yang dibajak, yang mengakibatkan router mikrotiknya tidak dapat diakses, meskipun sudah di reset ke bawaan pabrik. si hacker terkadang sering meninggalkan pesan tebusan agar mikrotik agar dapat digunakan kembali.

sebenarnya apa sih yang hacker itu lakukan di mikrotik anda ?

pada update RouterOS v3.24, di mikrotik itu ada fitur bagus yang disebut dengan Protected RouterBOOT mikrotik, dimana anda cukup meng-klik fitur ini, dan mikrotik anda aman dari orang lain tidak dapat me reset mikrotik anda tanpa menon-aktifkan proteksi routerboard ini.

Cara Lama Mengaktifkan Proteksi RouterBOOT Mikrotik

Cara Lama Mengaktifkan Proteksi RouterBOOT Mikrotik

tapi ternyata fitur Protected RouterBOOT mikrotik yang bagus ini malah di salah gunakan oleh hacker, dimana ketika hacker telah masuk ke sistem mikrotik, dia akan mengaktifkan fitur ini dan akhirnya andapun tidak akan dapat me reset mikrotik anda ke setingan bawaan pabrik.

jadi update terbaru RouterOS versi 4.9.1 ini mikrotik mengeluarkan metode baru untuk mengaktifkan Protected RouterBOOT mikrotik, yaitu dengan menekan tombol reset secara manual di routerboardnya agar fiturnya ini baru aktif, jadi meskpun nantinya ada hacker yang mengaktifkan fitur ini rasanya akan sulit dikarnakan harus menekan tombol reset secara manual di routerboardnya.

kelebihan mengaktifkan fitur Protected RouterBOOT mikroti ini yaitu anda jadi tidak perlu khawatir, bila mana ada hacker yang masuk dia tidak akan dapat mereset sistem anda, TAPI tentu akan menjadi susah jika anda mengaktifkan fitur ini dan anda lupa username dan password, MAKA ROUTERBOARD ANDA TIDAK DAPAT DI RESET ATAUPUN NET INSTAL

Cara Baru Mengaktifkan Proteksi RouterBOOT Mikrotik

seperti biasa, sebelum anda melakukan perubahan setingan apapun di routerboard anda, pastikan anda sudah membuat backup terbaru, cara backup mikrotik klik disini

Lanjutkan Ke :  Daftar Port Game Online MikroTik Update Maret 2019

setelah anda membackup setinga, silahkan Update RouterOS ke versi paling baru, pada saat tutorial ini dibuat, os paling baru itu di versi 6.49.2

ikuti gambar dibawah ini ya,

cara update mikrotik

cara update mikrotik

pastikan tidak mati lampu pada saat router anda sedang update OS, dan setelah file terdownload, Routerboard akan melakukan restart sistem ketika sedang proses Upgrade, tunggu hingga proses upgradenya selesai.

setelah selesai, silahkan anda buka menu New Terminal dan RouterBOARD

cara membuka new terminal

cara membuka new terminal

 

membuka infomasi routerboard

membuka infomasi routerboard

 

lalu pastekan script berikut ini ke New Termial, jika sudah ter paste, jangan lupa tekan tombol Enter di keyboard

/system routerboard settings set protected-routerboot=enabled

selah menekan tombol Enter, nantinya di bagian bawah RouterBOARD akan muncul informasi “press button within 60 second to confirm protected routerboot enable

nah, disitulah anda diberikan waktu tunggu selama 60 detik untuk menekan tombol reset, menekanya cukup 1 kali aja, sampai notifikasi tulisan diatas hilang.

untuk memastikan apakah fitur Protected RouterBOOT mikrotik ini sudah aktif apa belum, anda dapat melihat melalui terminal dengan menggunakan perintah :

/system routerboard settings print
protected routerboot sudah berhasil

protected routerboot sudah berhasil

nah, dari gambar diatas terlihat kalau Protected RouterBOOT mikrotik sudah enabble alias berhasil.

Leave a Reply