Review Raspberry Pi 3B+ (plus) dan spesifikasi

promo bundling tutorial mikrotik squid proxy dan tutorial diskless server

Ada banyak perangkat komputer yang bisa anda gunakan dengan teknologi terbaru. Salah satunya mungkin dengan menjadikan Raspberry Pi 3B+ (plus) sebagai pilihan utama. Ini adalah perangkat komputer dengan ukuran kecil yang memiliki banyak fitur. Apalagi versi seperti ini juga mengalami pembaruan dari versi sebelumnya.

Salah satu keunggulan dari perangkat komputer mini ini bisa adalah integrasi dengan berbagai perangkat lain yang lebih besar. Selain itu, perangkat ini juga bisa digabungkan dengan berbagai projek lainnya. Fitur tambahan yang dibekali untuk Raspberry Pi 3B+ adalah chipset terbaru yang menggunakan Broadcom BCM2873B0 Cortex A53 64-bit. Chipset ini mampu menghasilkan kecepatan hingga 1,4GHz.

Apalagi fitur pengaturan suhu yang maksimal dari chip juga bisa mengendalikan panas saat anda menggunakan dengan kinerja maksimal. Hal ini yang belum ditemukan pada perangkat SBC (single Board Computer) lainnya.

Peningkatan fitur koneksi dari Review Raspberry Pi 3B+ (plus)

Desain dari Raspberry Pi 3B+ (plus) juga terlihat lebih compact dengan material yang sebenarnya hampir sama dengan versi sebelumnya. Tentu saja ada perubahan dan pembaruan dari spesifikasi yang ditawarkan. Hal ini akan membuat anda mendapatkan pengalaman user yang lebih baik. Selain peningkatan fitur chipset yang lebih baik, perangkat komputer mini ini juga akan menawarkan kemampuan kinerja jaringan. Ini akan membantu anda untuk terhubung dengan perangkat lain atau koneksi internet.

gpio raspberry pi 3B+

Perangkat komputer mini ini memiliki dukungan koneksi melalui dual band yang terintegrasi dengan wireless 802.11ac. Ini akan membantu anda mendapatkan jaringan yang lebih baik dan lebih luas. Apalagi peningkatan ini juga dilakukan lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Selain itu, perangkat ini juga menawarkan konektivitas melalui fitur Bluetooth 4.2 generasi terbaru.

jadi Anda bisa mengirimkan file dengan cepat kepada perangkat lain yang tersambung dengan Bluetooth. Fitur jaringan wireless seperti ini memang sangat dibutuhkan untuk memudahkan pengiriman file dan menerima jaringan dari perangkat lainnya.

Fitur konektivitas lainnya dari Raspberry Pi 3B+ (plus) juga diintegrasikan dengan port USB. Sayangnya, perangkat ini masih menggunakan port USB 2.0. Hal ini tentu saja masih menjadi kekurangan dibandingkan dengan perangkat komputer modern yang sudah didukung dengan port USB 3.0.

Namun, fitur ini dianggap akan memberikan pengaruh yang cukup besar saat menggunakan penyimpanan eksternal seperti USB. Jaringan konektivitas juga bisa diintegrasikan dengan perangkat ini melalui LAN 1 gigabit. Ini akan memudahkan anda untuk menyambungkan perangkat dengan router jaringan internet melalui kabel LAN.

Review Raspberry Pi 3B+ (plus) secara umum

Beberapa review mengungkapkan bahwa kesan pertama dari penggunaan Raspberry Pi 3B+ (plus) tentu saja menawarkan pengalaman yang lebih baik. Apalagi komputer yang terintegrasi dengan sistem operasi Raspbian ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari versi sebelumnya.

Hal ini bisa dibuktikan dari proses booting ke sistem operasi Raspbian yang berlangsung lebih cepat dengan tampilan yang sangat menarik. User interface yang terlihat lebih sederhana juga didukung dengan desain yang lebih tajam. Justru ini akan memberikan pengaruh yang sangat besar dengan kinerja lain dari spesifikasi.

Sebenarnya tampilan desktop dari sistem operasi ini memiliki hal yang mirip dengan sistem operasi lainnya. Raspbian menawarkan tombol menu yang berada di suduk bawah dengan tampilan yang sangat sederhana. Kondisi ini akan memudahkan penggunaan beberapa fitur utama dan fungsi dari desktop. Konektivitas yang tersambung secara otomatis juga dianggap tidak memiliki masalah besar.

Pengaturan sistem yang sangat baik ini memang dipengaruhi oleh perangkat keras yang digunakan. Komputer mini ini memang memiliki pembaruan dari hardware wireless. Kualitas dari perangkat keras itu juga membuat konektivitas berjalan lancar dalam waktu penggunaan yang cukup lama.

Sistem operasi Raspbian juga dilengkapi dengan beberapa software yang sering digunakan. Komputer ini memiliki sistem bundling dengan browser web menggunakan Chromium dan software office yaitu LibreOffice. Namun, beberapa orang yang sudah memakai browser ini masih menganggap bahwa ada banyak kekurangan dari browser. Bila anda membuka tab terlalu banyak maka sesekali terjadi freeze hingga crash pada browser. Hal ini tentu saja membuat anda kurang nyaman untuk menggunakan browser dalam waktu yang cukup lama.

Sangat disarankan untuk membuka tab browser dengan jumlah yang tidak berlebihan. Selain itu, browser ini juga tidak memiliki dukungan fitur auto-playing pada konten video di beberapa situs atau sosial media.

Kinerja seluruh bagian spesifikasi utama pada perangkat komputer ini juga membuat banyak aplikasi software berjalan dengan sangat maksimal. Grafis yang ditampilkan dari komputer mini ini memang cukup ideal untuk menjalankan beberapa video dengan resolusi yang sangat besar. Bahkan, beberapa pilihan game dengan format 3D juga bisa dijalankan dengan cukup lancar seperti Quake III. Namun, tetap saja anda harus memilih salah satu bagian software yang digunakan untuk menghindari freeze dalam waktu yang cukup lama.

Pembaruan sistem operasi untuk Review Raspberry Pi 3B+ (plus)

Anda bisa merasakan berbagai pembaruan yang diterapkan pada sistem operasi Raspbian. Pembaruan ini juga diintegrasikan dengan kemampuan kinerja dari 1GB RAM yang digunakan pada perangkat. Hal ini yang membuat anda harus menyesuaikan seluruh software dan berbagai pekerjaan yang menggunakan sistem operasi ini. Perangkat komputer ini tidak akan cukup untuk melakukan berbagai pekerjaan berat seperti mengedit foto dan video. Anda hanya bisa memaksimalkan perangkat komputer mini untuk browsing dan menggunakan office.

Respon dari beberapa slide aplikasi dan software yang digunakan pada komputer ini juga terlihat sangat baik. Namun, hal ini juga tergantung dari seluruh fungsi dari software. Selain itu, kapasitas penyimpanan internal yang tidak terlalu besar juga akan mempengaruhi anda untuk membuka banyak aplikasi. Anda tidak akan berharap terlalu banyak dari perangkat komputer mini yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Menurut pengguna lain, software lainnya yang terintegrasi dengan sistem operasi ini memang masih terlalu sedikit. Software ini masih bisa ditemukan dari Raspberry versi sebelumnya. Peningkatan dari software itu hanya pada user interface dan kinerja lebih sedikit baik.

Harga dan kemampuan terbatas dari Review Raspberry Pi 3B+ (plus)

Anda tidak bisa berharap terlalu banyak dari komputer mini yang memang didukung dengan sistem operasi Raspbian. Meskipun ada beberapa pilihan software yang dibundling, namun tetap saja ada kemampuan yang diberikan cenderung terbatas. Kemampuan grafis yang tampil sangat standar dianggap membantu anda untuk memutar video dengan resolusi tinggi.

Hal ini hanya berlaku untuk jumlah tab yang tidak terlalu berlebihan. Kapasitas penyimpanan internal dari perangkat komputer ini hanya menawarkan 16GB saja. Ini yang membuat anda harus menentukan beberapa aplikasi dan software pilihan saja. Seluruh fitur dan kemampuan dari sistem operasi Raspbian bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu $35.

promo bundling tutorial mikrotik squid proxy dan tutorial diskless server

2 comments on “Asesoris Pelengkap Wajib untuk Raspberry Pi dan Fungsinya

  1. senja
    Januari 2, 2018
    Balas
    • IntialBoard
      Januari 2, 2018
      Balas

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *