Cara Membuat Proposal Skripsi 2023

  • IntialBoard
  • Feb 07, 2023
proposal skripsi

Proposal skripsi adalah dokumen yang menjelaskan ide dan rencana penelitian yang akan dilakukan oleh seorang mahasiswa sebagai syarat untuk menyelesaikan studinya. Proposal ini biasanya mencakup deskripsi singkat tentang topik, tujuan, metodologi, dan potensi hasil dari penelitian. Proposal skripsi dibuat untuk memperoleh persetujuan dari pembimbing dan dewan penguji sebelum melakukan penelitian secara lebih detail dan mendalam.

 

Tips Membuat Proposal Skripsi

1. Tentukan topik skripsi
Pastikan topik yang dipilih sesuai dengan minat dan berkaitan dengan bidang studi.

2. Baca literatur
Temukan sumber-sumber terpercaya dan baca secara detail untuk memahami dan mengumpulkan informasi tentang topik skripsi.

3. Buat outline proposal
Susun rencana proposal dengan mencantumkan bab-bab seperti latar belakang, perumusan masalah, tujuan, metodologi, dan jadwal penelitian.

4. Tulis latar belakang
Jelaskan mengapa topik skripsi ini penting dan perlu diteliti.

5. Tulis perumusan masalah
Formulasikan masalah yang akan diteliti dan diterangkan secara jelas.

6. Tulis tujuan penelitian
Tentukan apa yang ingin dicapai dari penelitian ini.

7. Tulis metodologi penelitian
Deskripsikan cara yang akan digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

8. Tulis jadwal penelitian
Susun rencana jadwal yang realistis untuk menyelesaikan skripsi.

9. Revisi proposal
Baca ulang proposal dan lakukan perbaikan jika diperlukan.

Ingatlah bahwa format dan konten proposal skripsi dapat berbeda tergantung pada universitas atau fakultas. Sebaiknya berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk memastikan bahwa proposal yang dibuat sesuai dengan standar yang ditentukan.

 

Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi

Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi

tolong contoh kata pengantar proposal skripsi ini dikembangkan lagi ya, jadikan ini sebagai refrensi aja, jangan cuma copy paste, ok!

“Dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, penulis dapat menyelesaikan proposal skripsi ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, penyusunan proposal ini tidak mungkin terselesaikan.

Proposal skripsi ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi di bidang Psikologi. Tema yang diajukan dalam proposal ini adalah … [deskripsi singkat tema]. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk … [deskripsi singkat tujuan].

Penulis berharap proposal ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang rencana penelitian yang akan dilakukan dan diharapkan dapat memperoleh persetujuan dari pembimbing dan dewan penguji. Penulis juga berharap dapat menerima masukan dan saran yang membangun dari pembimbing dan dewan penguji dalam proses penyusunan proposal ini.

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal skripsi ini.”

 

Contoh Proposal Skripsi

Berikut adalah contoh proposal skripsi dengan topik psikologi :

Judul : Pengaruh Persepsi Diri Terhadap Kecerdasan Emosi pada Remaja

Latar Belakang : Kecerdasan emosi memainkan peran penting dalam pembentukan kepribadian dan perkembangan sosial seseorang. Persepsi diri juga memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan kecerdasan emosi. Remaja merupakan masa transisi dalam hidup seseorang, di mana persepsi diri mereka sedang berkembang. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana persepsi diri mempengaruhi kecerdasan emosi pada remaja.

Perumusan Masalah : Bagaimana pengaruh persepsi diri terhadap kecerdasan emosi pada remaja ?

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh persepsi diri terhadap kecerdasan emosi pada remaja.

Metodologi Penelitian : Penelitian ini akan menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada sejumlah remaja. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.

Jadwal Penelitian : Penelitian ini akan dilakukan selama 6 bulan, dengan jadwal sebagai berikut:

Bulan 1-2 : pembuatan kuesioner dan persiapan penyebaran
Bulan 3-4 : penyebaran kuesioner dan pengumpulan data
Bulan 5 : analisis data
Bulan 6 : penulisan laporan akhir dan revisi

Dengan demikian, melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi remaja dalam memahami bagaimana persepsi diri mereka mempengaruhi kecerdasan emosi mereka. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan teori dan praktik psikologi, terutama dalam memahami perkembangan kecerdasan emosi pada remaja.

Berdasarkan latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian, dan jadwal penelitian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi diri terhadap kecerdasan emosi pada remaja dan memiliki potensi untuk memberikan sumbangan bagi pengembangan teori dan praktik psikologi.

Pada akhir penelitian, hasil yang diperoleh akan dianalisis dan dikumpulkan dalam laporan skripsi. Laporan skripsi ini akan berisi deskripsi ringkas tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian, jadwal penelitian, analisis data dan hasil, serta kesimpulan dan saran.

Kesimpulan dalam laporan skripsi akan menyimpulkan hasil dari penelitian ini dan menjawab perumusan masalah yang diajukan. Saran akan memberikan rekomendasi untuk pengembangan penelitian selanjutnya dan bagaimana hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

Aturan Penulisan Proposal Skripsi

Dalam membuat proposal skripsi, tidak ada standar atau aturan yang pasti dan baku, karena standar tergantung pada universitas, fakultas, dan departemen masing-masing. Namun, beberapa standar umum yang sering diterapkan dalam membuat proposal skripsi adalah sebagai berikut:

  1. Latar belakang : membahas tentang isu atau masalah yang menjadi fokus penelitian dan memberikan gambaran tentang pentingnya penelitian.
  2. Perumusan masalah : menyajikan permasalahan yang akan diteliti dan memformulasikan pertanyaan penelitian.
  3. Tujuan penelitian : menjelaskan apa yang ingin dicapai melalui penelitian.
  4. Metodologi penelitian : menjelaskan bagaimana penelitian akan dilakukan, termasuk desain penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, dan teknik analisis data.
  5. Jadwal penelitian : menunjukkan jadwal penelitian, termasuk tanggal dan waktu untuk setiap tahapan penelitian.
  6. Referensi : mencantumkan sumber-sumber yang digunakan dalam proposal.

Namun, sebaiknya memeriksa dengan dosen pembimbing atau bagian akademik untuk memastikan standar proposal yang harus dipenuhi oleh universitas tempat menempuh pendidikan.

 

Format Skripsi Yang Benar

Format yang harus digunakan dalam membuat proposal skripsi sering kali bervariasi tergantung pada universitas, fakultas, atau departemen. Namun, beberapa format umum yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  • Format APA (American Psychological Association) :

Ini adalah format yang sering digunakan dalam bidang sains sosial, termasuk psikologi. Format ini menekankan pada penggunaan tata letak dan gaya penulisan yang konsisten, serta pemformatan referensi yang benar.

  • Format MLA (Modern Language Association)

Ini adalah format yang sering digunakan dalam bidang sastra dan humaniora. Format ini menekankan pada penggunaan gaya penulisan yang konsisten dan pemformatan sumber-sumber yang benar.

  • Format Chicago 

Ini adalah format yang sering digunakan dalam bidang ilmu sosial dan humaniora. Format ini menekankan pada penggunaan tata letak dan gaya penulisan yang konsisten, serta pemformatan sumber-sumber yang benar.

Sebaiknya memeriksa dengan dosen pembimbing atau bagian akademik untuk memastikan format proposal yang harus dipenuhi oleh universitas tempat menempuh pendidikan.

 

Sebagai penutup, membuat proposal skripsi adalah tahap penting dalam proses penelitian. Proposal ini menjadi dasar bagi penelitian yang akan dilakukan dan harus menjelaskan secara jelas dan detail tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan, metodologi, jadwal, dan hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, sebaiknya membuat proposal skripsi dilakukan dengan seksama dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk memastikan bahwa proposal yang dibuat sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Dengan membuat proposal skripsi yang baik, peneliti dapat memastikan bahwa penelitian yang akan dilakukan memiliki landasan yang kuat dan dapat memberikan hasil yang berkualitas. Dalam membuat proposal skripsi, peneliti juga harus memperhatikan aspek-aspek etis seperti memastikan bahwa subyek penelitian tidak terkena dampak negatif dan privasi mereka terjaga.

Sebagai mahasiswa atau peneliti baru, membuat proposal skripsi mungkin dapat terasa menakutkan. Namun, dengan memahami pentingnya proposal skripsi dan dengan bantuan dari dosen pembimbing, membuat proposal skripsi akan menjadi hal yang lebih mudah dan menyenangkan.

Jadi, sebaiknya bertekad untuk membuat proposal skripsi yang baik dan berkualitas, sehingga penelitian yang akan dilakukan memiliki hasil yang maksimal dan bermanfaat bagi dunia ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Catatan: Ini hanya sebuah contoh proposal skripsi dan dapat berbeda sesuai dengan standar universitas atau fakultas masing-masing. Sebaiknya berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk memastikan bahwa proposal yang dibuat sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Lanjutkan Ke :  Katalog Judul Skripsi Topik Machine Learning Update 2023

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *