Hasil Benchmark Antar SBC : Raspi 2, Raspi 3, Tritium, dan TinkerBoard Series

SBC atau Single Board Computer merupakan komputer yang terdiri atas komponen lengkap namun hanya dibangun di atas satu sirkuit tunggal. Kali ini akan dibahas tetang perbandingan benchmark dari 5 perangkat SBC merk berbeda dan juga review singkat dari salah satu SBC baru yaitu Tritium.

spesifikasi 5 singleboard computer

Pertama-tama dilakukan benchmark dari 5 SBC berbeda yaitu Tritium 2G, Asus tinkerboard, Asus Tinkerboard S, Raspberry Pi 3B dan Raspberry pi 2B.

Metode Pengujian Raspi 2, Raspi 3, Tritium, dan TinkerBoard

  • Pengujian benchmark dilakukan dengan bantuan sysbench untuk membandingkan CPU dan File IO dari kelima SBC tersebut. Prosedur pengujian dilakukan dengan menggunakan beberapa komponen yang dibuat serupa sebagai kontrolnya.
  • Komponen ini diantaranya kartu micro SD Sandisk Ultra 16Gb yang sama untuk semua objek pengujian ASUS Tinkerboard S serta Power supply yang digunakan untuk kelima SBC dibuat sama yaitu 2.1 A dengan tanpa overlock pada CPU.
  • Selain itu semua pengujian juga dilakukan pada terminal di satu tab browser Chrome yang digunakan untuk mendokumentasikan hasil pengujian di google spreadsheet.

Proses Pengujian :

Baris Perintah

sudo apt-get update
sudo apt-get install sysbench

sysbench –test=cpu –cpu-max-prime=50000 –num-threads=4 run
sysbench –test=fileio –file-total-size=1G prepare
sysbench –test=fileio –file-total-size=1G –file-test-mode=rndrw –init-rng=on –max-time=300 –max-requests=0 run
sysbench –test=fileio –file-total-size=1G cleanup

Hasil dari pengujian yang didapatkan pada kelima SBC ini adalah:

Hasil CPU Benchmark Raspi 2, Raspi 3, Tritium, dan TinkerBoard

hasil benchmark singleboard computer.jpg

Dari kelima SBC, Tritium menjadi yang paling cepat menyelesaikan semua tugas dengan selisih waktu yang cukup signifikan dengan keempat SBC lainnya.

Sementara itu yang paling lama menyelesaikan tugas adaladh Raspberry Pi 2. Semakin singkat waktu yang diperoleh berarti semakin cepat program-program bisa dijalankan pada SBC tersebut.

Dengan kata lain, semakin cepat waktu yang dihasilkan pada CPU benchmark ini berarti kualtiasn SBC akan semakin baik.

File IO di SBC : Raspi 2, Raspi 3, Tritium, dan TinkerBoard

hasil benchmark file transfer singleboard computer

Pengujian ini dilakukan untu mengetahui kecepatan file transfer dari masing-masing SBC.

Semakin cepat proses file transfer dilakukan maka akan semakin mudah dalam memindahkan file dari satu tempat ke tempat lainnya. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa kecepatan file transfer tertinggi diperoleh Asus Tinkerboard S dan diikuti oleh Tritium.

Hasil yang didapatkan Tritium memang cukup mencengangkan karena perangkat ini masing mengguhnakan kartu micro SD.

Dari pengujian yang telah dilakukan bisa diketahui bahwa Asus Tinkerboard S dan Tritium merupakan 2 SBC yang punya peluang bagus di masa depan mengingat performanya yang cukup baik jika dibandingkan 3 lainnya.

Hasil pengujian ini bisa dijadikan pertimbangan bagi Anda yang sedang mencari SBC terbaik. Usahakan memilih skor FileIO untuk kemudahan penggunaan dalam pemindahan dan transfer file Anda.

 

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *