Internet of Things di Bidang Kesehatan

promo bundling tutorial mikrotik squid proxy dan tutorial diskless server

Kesehatan merupakan salah satu hal yang yang paling penting bagi setiap orang. Jika kita sehat, kita akan mampu melaksanakan semua aktivitas dengan jauh lebih baik lagi. Adanya internet of things di bidang kesehatan sangat berpengaruh pada dunia.

Pada sebuah studi yang dilakukan di Amerika, adanya infeksi telinga pada anak-anak adalah hal yang paling sering terjadi dibandingkan dengan keluhan penyakit lainnya. Banyak anak yang menderita infeksi telinga dimulai sejak mereka berumur tiga tahun. Nah, bagaimana jika sebuah aplikasi di smartphone menjadi dokter bagi semua orang?

Berkembangnya jaman tentu akan membuat segala sesuatu dapat dilakukan dengan lebih mudah. Anda bisa mengetahui banyak hal dari internet. Inilah fungsi dari internet of things di bidang kesehatan. Semua hal akan dapat ditangani dengan lebih cepat.

Aksesoris Oto Home kini sudah bisa digunakan layaknya alat otoskop yang dimiliki oleh dokter untuk melihat bagian luar telinga pasien. Aksesoris ini telah dibuat oleh CellScope. Aksesoris ini bisa digunakan oleh orang tua di rumah dengan memasang kamera Iphone.

Setelah menangkap rekaman video yang berada pada kanal telinga, maka video tersebut kemudian dapat dikirimkan ke dokter melalui email untuk kemudian diperiksakan. Dokter kemudian akan memeriksa, mendiagnosa, dan menentukan resep obat. Biaya kemudian nantinya akan ditentukan. Keren bukan manfaat dari internet of things di bidang kesehatan?

Mari Mengenal Apa Itu Internet of Things

Dengan membaca deskripsi di atas, maka kita menjadi tahu betapa besarnya manfaat internet of things di bidang kesehatan. Lalu, apa sebenarnya internet of things itu?

Bicara tentang internet of things yang biasanya sering disebut dengan IoT memang tidak ada habisnya. Selalu ada bahasan tentang hal ini karena hal tersebut akan mempengaruhi kebutuhan kita dalam aktifitas sehari-hari.

Jadi, Internet of things merupakan salah satu konsep di mana adanya suatu objek yang mampu melakukan transfer data menggunakan jaringan tanpa melalui interaksi manusia dengan manusia atau pun manusia dengan komputer. Ini telah berkembang dari suatu konvergensi teknologi nirkabel, micro electromechanica systems dan juga internet.

A things dalam internet of things merupakan salah satu objek. Misalnya saja manusia dengan monitor implant jantung, ataupun hewan peternakan dengan transponder biochiop. Bisa juga a things merupakan moil yang telah dilengkapi dengan sebuah built in yang dapat memperingatkan pengemudinya.

Meskipun IOT masih dalam tahap perkembangan, namun rupanya ini telah menjadi alternative yang cerdas. Potensi dari IOT dapat mengubah dunia menjadi lebih maju lagi. Nah, salah satu manfaat luar biasa dari IOT adalah peran internet of things di bidang kesehatan.

Perkembangan Internet of Things di Bidang Kesehatan

Perkembangan dari IOT telah menjalar ke berbagai bidang, termasuk dalam bidang kesehatan. Pada tahun ini, realisasi dari IOT di sector kesehatan menjadi semakin meningkat. Contohnya saj sebuah aksesoris Oto Home yang telah disebutkan di atas.

Banyak orang awam yang telah merasakan transformasi yang luar biasa dari berbagai produk seperti Apple watch atau pun fitbit yang merupakan produk wearable. Munculnya wearable tersebut kemudian memunculkan banyak hal lain yang telah dilengkapi dengan teknologi yang serupa.

Kehadiran dari berbagai macam benda tersebut sangat efektif dan telah terbukti. Nah, peran dari internet of things di bidang kesehatan sendiri salah satunya adalah untuk mendeteksi pasien yang kemungkinan mengalami kejang, tremor, ataupun mengalami jatuh.

Peran Internet of Things di Bidang Kesehatan

Peran internet of things di bidang kesehatan sangat luar biasa. Pertama, jika dilihat dari sisi medis dapat melakukan pantauan dengan jarak jauh kepada seseorang. Kehadiran dari wearable menjanjikan dalam merawat pasien dari jarak jauh. Pasien yang tidak melakukan rawat inap pun menjadi lebih nyaman.

Selain itu, dokter akan memiliki data yang lebih banyak untuk melakukan pemeriksaan kepada pasien. Pada tahun 2018 ini, telah terdapat lebih dari lima juta wearable dan sensor kesehatan mobile yang telah diperuntukkan untuk kepentingan kesehatan. Sementara itu, ada juga remote patient yang akan menjadi sebuah revolusi tentang cara penanganan pasien.

Teknologi pengawasan pasien dari jarak jauh merupakan salah satu metode yang tepat dalam mengurangi biaya kesehatan. Selain itu, peluang kesehatan pasien akan menjadi lebih meningkat. Contohnya saja, ketika dokter telah menemukan tanda vital dari pasien yang  memiliki penyakit jantung,  maka ia akan segera mereduksi kebutuhan dan ruang darurat

Seorang dokter juga dapat melakukan pelacakan terhadap status kesehatan pasien di rumah . Konsultasi dokter dan pasien pun bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan teknologi video call.

Tantangan Internet Of Things di Bidang Kesehatan

Meskipun peran internet of things di bidang kesehatan terus meningkat, akan tetapi banyak pula tantangan yang harus dihadapi oleh semua pihak. Ada banyak antisipasi yang harus dilakukan oleh para pengguna. Contohnya saja, adanya gangguan privasi pengguna karena kegagalan keamanan yang dilakukan oleh pihak penyedia internet of things.

Adanya hal tersebut rupanya membuat yuridiksi hukum memberlakukan aturan untuk menguntungkan privasi konsumen yang dilakukan dengan cara membatasi perpindahan, komersialisasi data kesehatan serta analisis.

Kemungkinan akan terjadi tindak pidana di masa yang akan datang jika terbukti adanya permasalahan tersebut. Oleh karena itu, perkembangan internet of things di bidang kesehatan sebaiknya terus diawasi dengan ketat.

Demikanlah beberapa hal mengenai perkembangan internet of things di bidang kesehatan dengan perannya yang begitu luar biasa. Semoga perkembangan IOT bagi bidang kesehatan terus bisa dioptimalkan menjadi lebih baik.

Download Tutorial Arduino Bahasa Indonesia

promo bundling tutorial mikrotik squid proxy dan tutorial diskless server

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *