Projek Keren Menggunakan Arduino Buatan Anak Dalam Negeri

Arduino merupakan salah satu pengendali mikro dengan jenis single-board yang memiliki sifat open source. Pengendali mikro ini diturunkan oleh platform wiring. Arduino dirancang untuk mempermudah penggunaan elektronik dari berbagai bidang. Nah, ternyata banyak lho projek buatan anak Indonesia yang telah menggunakan pengendali Arduino.

8 Projek Projek Keren Menggunakan Arduino Buatan Anak Dalam Negeri

Indonesia memiliki banyak sekali anak berbakat dan cerdas. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya projek keren menggunakan arduino buatan anak negeri yang telah diakui memiliki manfaat yang besar.

Anak dalam negeri memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan beragam bidang kehidupan. Mereka mampu melirik pengendali terbaru dan menggabungkan dengan sesuatu yang lain yang akhirnya menciptakan alat yang bernilai guna.

Tutorial Lengkap Arduino Bahasa Indonesia

1. SIMOCIR

sistem monitoring cadangan air
sistem monitoring cadangan air

Simocir merupakan kependekan dari Sistem Monitoring Cadangan Air. Ini merupakan salah satu alat menarik buatan anak negeri yang menggunakan arduino. Sistem ini dibuat untuk menanggulangi terjadinya bencana kekeringan yang sering melanda beberapa tempat di Negara Indonesia.

Simocir dapat memberikan informasi yang tepat tentang cadangan air yang terdapat dalam suatu wilayah tertentu. Ada beberapa manfaat dari alat ini seperti:

  • Melakukan kontrol untuk mengetahui kapasitas air
  • Adanya system digital mampu melihat kondisi ketersediaan air
  • Meminimalisir terjadinya kekeringan dan kekurangan air karena alat ini memiliki system peringatan untuk penggunanya.

2. EARTHFIRE

membuat earthquake notifier menggunakan arduino

Earthfire merupakan kependekan dari Earthquake Notifier. Ini merupakan salah satu piranti untuk memberikan informasi kepada para pengguna mengenai gempa yang sedang terjadi dan memberikan info kepada pihak yang terkait pada gempa untuk melakukan tindak lanjut dan respon.

Ada beberapa manfaat dari Earthfire seperti:

  • Mengikuti lomba IoT Innovation Chalenge yang dilakukan oleh putra negeri
  • Melakukan identifikasi gempa bumi dan memberikan peringatan melalui smartphone untuk mencari jalur evakuasi
  • Masyarakat menjadi lebih aman karena sudah ada alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi terjadinya gempa bumi
  • Masyarakat pun menjadi lebih waspada dengan gempa bumi

3. Wifi Door Lock

wifi door lock menggunakan arduino

Projek keren menggunakan arduino buatan anak negeri yang tidak kalah menarik lagi adalah Wifi door lock. Di jaman yang sudah modern ini, siapa sih yang tidak kenal Wifi?

Wifi Door Lock adalah sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk menggantikan kunci dengan basis wifi. Ini digunakan untuk mempermudah Anda melakukan penguncian tanpa harus mengurangi system keamanan penguncian secara biasa.

Banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya Wifi Door Lock seperti:

Tutorial Lengkap Arduino Bahasa Indonesia

  • Membuat system keamanan menjadi lebih terjangkau
  • Membuat pengguna aman karena adanya pengontrolan penguncian pintu dengan jarak jauh
  • System penguncian lebih mudah
  • Menurunkan angka kejahatan seperti pencurian

4. Integrated Water Quality Monitor Floating Module

integrated water quality monitor floating module

Wah, projek keren menggunakan arduino buatan anak negeri ini panjang sekali ya namanya? Ini sebuah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi kualitas air. Pendeteksian kualitas air bisa dilakukan berdasarkan suhu, warna, ataupun kekeruhan air tersebut.

Indikator diambil dari standar minimal suatu pencemaran air di suatu wilayah tertentu. Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Sayang sekali jika manusia tidak menjaga kebersihan air.

Menggunakan alat ini, tingkat pencemaran air pun akan menjadi lebih diawasi. Penggunaan alat ini pun mudah. Anda hanya harus mengapungkan alat ini di sungai. Energi yang digunakan oleh alat ini adalah power bank yang dilengkapi dengan sel surya.

5. E Ponics, Hydroponic control and monitoring system

hydroponic control and monitoring system

E Ponics adalah projek keren menggunakan arduino buatan anak negeri yang digunakan untuk melakukan kontrol pada system hidroponik. Hidroponik kini semakin dikembangkan masyarakat karena memberikan tingkat keuntungan yang maksimal.

Faktor yang paling diperhatikan dalam mengontrol tanaman hidroponik adalah faktor Ph. Banyak orang yang masih melakukan hal ini dengan cara manual. Dengan menggunakan sistem E ponics, pengontrolan akan lebih stabil karena terhindar dari kesalahan yang mungkin dilakukan oleh manusia.

E ponics dapat digunakan sebagai solusi kegagalan panen, mengontrol ketinggian air, ataupun mengatur Ph tanaman. Waktu perawatan dan memonitoring tanaman hidroponik menjadi lebih singkat dari biasanya. Kebergantungan pada manusia dalam system hidroponik juga menjadi lebih berkurang.

6. Farmer Assistant

smart farmer assistant sistem menggunakan arduino

Indonesia merupakan salah satu negara agraris di mana sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. Makanya, anak negeri pun menciptakan projek terbaik mereka dari Arduino bernama Farmer Assistant.

Alat ini digunakan untuk menghemat tenaga petani serta meningkatkan produktivitas pangan dengan melakukan pengecekan tanaman secara teratur dan berkala.

Monitoring dilakukan berdasarkan data kelembaban, moisture, suhu, tinggi tanaman, bahkan gizi dari tanah dengan waktu yang real. Akhirnya, banyak hal yang bermanfaat dari projek keren menggunakan arduino buatan anak negeri ini.

  • Petani mendapatkan kondisi lahan secara real time
  • Meringankan beban petani dalam memonitoring tanah
  • Menjadi media bantu dalam meningkatkan produktivitas lahan

7. Prototype Automatic Vegetables Vertikultur Integer

smart prototype automatic vegetables vertikultur integer

Ini merupakan salah satu projek keren menggunakan arduino buatan anak negeri yang digunakan untuk melakukan penyiraman dan pemupukan secara otomatis dalam sebuah vertikultur sayuran.

Hasil produksi sayuran pun akan menjadi lebih meningkat. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan system ini, tanaman yang berkualitas juga langsung akan dipasarkan melalui toko online yang bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

8. Tapioka Outlet

mengukur limbah cair tapioka outlet berbasis cloud computing

Tapioka outlet merupakan salah satu projek berbasis arduino buatan anak dalam negeri yang digunakan untuk memantau kualitas air limbah.

Tujuan dari projek keren ini adalah melakukan perbandingan secara akurasi dari hasil pengukuran menggunakan prototype yang dilakukan dengan cara metode konvensional. Hasil yang diharapkan dengan menggunakan projek ini adalah kualitas air limbah menjadi lebih terkontrol.

Tutorial Lengkap Arduino Bahasa Indonesia

Mulai dari suhu air, ph, oksigen terlarut, kekeruhan, ataupun konduktivitas semuanya bisa dilihat dan dipantau dengan cara yang real time. Pengukurannya juga sangat akurat karena menggunakan system computing.

Begitu banyak projek keren menggunakan arduino buatan anak negeri yang harus kita banggakan. Anak-anak bangsa nan cerdas seharusnya menjadi salah satu aset yang besar bagi negara untuk terus memajukan negeri agar dapat bersaing dengan negara lainnya.

Manfaatkanlah hasil project yang telah berhasil diciptakan oleh generasi bangsa dengan sebaik-baiknya untuk dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *