Apa Itu Diskless Server

promo bundling tutorial mikrotik squid proxy dan tutorial diskless server

Pernahkah Anda mendengar tentang diskless server ? Apa itu diskless ? Diskless merupakan salah satu tempat untuk menyimpan hard disk client dengan sistem operasinya. Dengan demikian, client yang tidak memiliki hard disk tetap dapat menggunakan hard disk. Kenapa? Karena hard disk telah di share oleh Diskless Server.

Apa Itu Diskless (Diskless Server)

tutorial diskless server

Jaringan Diskless sendiri merupakan sebuah jaringan yang hanya terdapat satu media penyimpanan hard disk, yaitu komputer server yang telah mengijinkan klien yang tidak memiliki media penyimpanan seperti hard disk untuk tetap bisa mengaktifkan sistem operasi.

Banyak pihak yang menggunakan sistem ini untuk membangun warung internet, atau pun laboratorium dengan banyak komputer di dalamnya. Untuk lebih paham tentang sistem ini, Anda harus tahu cara kerjanya terlebih dahulu.

Cara Kerja Diskless Server

perhatikan gambar dibawah ini :

cara kerja diskless server

Setelah paham apa itu diskless, Anda harus mempersiapkan beberapa perangkat yang akan dibutuhkan untuk bisa menjalankan jaringan dikless. Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan jaringan diskless adalah komputer server, perangkat lunak, kartu jaringan, komputer terminal/ client, dan koneksi jaringan.

Setelah Anda mempersiapkan semua peralatan tersebut, pahami cara kerja diskless server berikut ini.

  1. Booting lewat jaringan

Ini merupakan sebuah konsep yang sudah lama. Ide dasar dari booting lewat jarnan adalah menggunakan komputer client dengan kode booting dalam memory non – volatile atau ROM chips seperti BOOTP. Ini dilakukan untuk mendapatkan  sistem seperti file root server dalam suatu jaringan yang tidak dilengkapi dengan media penyimpanan

  1. Teori sistem diskless

Dalam setiap jaringan, setiap komputer pastinya akan terhubung dengan komputer lain. Setiap komputer akan mengalami proses pertukaran data yang kompleks. Nah, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh komputer-komputer dalam suatu jaringan diskless yaitu:

  1. Network Card
  2. Image kernel
  3. IP Address
  4. File sistem

Untuk mencapai bentuk diskless, komputer client akan dianggap tidak memiliki hard disk. Dengan demikian, komputer client akan menggunakan nomor unik atau MAC untuk mendapatkan file sistem server. Protocol kemudian akan digunakan untuk melakukan penerjemahan alamat hardware ke IP address menggunakan BOOTP.

Ketika proses BOOTP sedang terjadi, maka komputer client akan mendownload kernel yang ada di server. Ketika kernel telah berhasil didownload, maka akan terjadi proses inisial dari perangkat keras. Akhirnya, komputer pun akan membutuhkan sistem root.

Ketika komputer melakukan sistem root, maka komputer akan membutuhkan NFS. Dengan menggunakan NFS komputer, maka client dapat menjalankan sistem jaringan. Secara sederhana, komputer client akan menjalankan sistem operasi yang telah di download dengan menggunakan bantuan protocol TFTP.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Diskless server

Setiap sistem yang digunakan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Diskless yang biasanya digunakan oleh pengusaha warnet memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Meskipun tidak semua pengusaha warnet menggunakan sistem diskless, namun sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan diskless server

  • Kelebihan pertama dari sistem ini adalah hemat biaya.

Yang dimaksud dengan irit biaya adalah misalnya Anda membeli 100 komputer client, Anda tidak perlu membeli 100 hard disk. Jika setiap komputer yang digunakan justru menggunakan harddisk, maka Anda harus bersiap-siap untuk membeli hard disk yang baru jika harddisk rusak.

  • Kelebihan kedua dari sistem diskless adalah hemat waktu.

Anda tidak perlu melakukan perawatan software yang luar biasa dengan menggunakan sistem ini. Anda juga tidak perlu melakukan update pada semua komputer. Hal tersebut tentunya akan sangat menyita banyak waktu. Gunakan saja sistem diskless untuk mempersingkat waktu update

Kekurangan diskless server

  1. Kekurangan yang pertama adalah Anda tidak bisa menyimpan hasil yang dilakukan pada komputer client. Contohnya saja ketika Anda mendownload suatu program dan ingin menyimpannya di komputer client, maka program hasil download tidak dapat menyimpan pada drive eksternal.

Hasil download pun akan hilang jika komputer telah restart. Semua program akan menjadi seperti semula. Tapi, Anda tetap bisa mencari cara agar file yang didownload tidak akan hilang walaupun komputer telah di restart.

  • Kekurangan berikutnya adalah ketika komputer server mengalami kerusakan seperti error, mati, ataupun kerusakan lainnya, maka semua komputer client pun tidak akan bisa berfungsi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan semua program terdapat pada komputer server diskless.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda rasakan ketika memilih program ini. Namun, pengalaman banyak pemilik warnet adalah tetap menggunakan sistem diskless. Mengapa? Pengalaman mereka dalam menggunakan sistem diskless adalah lebih bermanfaat dan merupakan cara terbaik dalam melakukan suatu usaha.

Siapa Saja yang Bisa Menerapkan Diskless Server ?

tutorial server diskless untuk warnet

Jika Anda bertanya tentang siap saja yang bisa menerapkan diskless, sebagian telah terjawab. Pihak yang paling sering menggunakan sistem ini adalah pemilik usaha warnet. Nah, beberapa pihak yang paling sering menggunakan diskless adalah:

  • Kantor

Sebuah kantor tentu memiliki banyak komputer yang digunakan oleh seluruh karyawanannya. Maka, sistem ini cocok sekali digunakan untuk menghemat waktu dan menghemat biaya.

  • Laboratorium sekolah

Hampir setiap sekolah kini telah memiliki laboratorium komputer.  Pihak sekolah seringkali menggunakan sistem diskless karena memiliki banyak keuntungan.

  • Warnet

Seperti yang telah disebutkan tadi, pihak warnet juga merupakan salah satu yang paling sering menggunakan sistem ini. Ini akan sangat menguntungkan pihak pengusaha untuk bisa mendapatkan profit yang besar

Macam-Macam Software Diskless untuk Diskless Server

Setelah paham tentang apa itu diskless , jenisnya, keuntungan dan kelebihannya, maka kini saatnya Anda untuk memilih software diskless yang tepat. Ada banyak macam dari software diskless dan Tutorial Diskeless Server Berikut diantaranya.

  1. CCBot –iSCSl boot and PXE boot software diskless server

Ini merupakan salah satu jenis sistem diskless yang dapat mengembalikan sistem yang bersih setiap kali di reboot. Komputer Anda akan selalu bersih dari virus dan juga Trojan. Anda bisa memperbaharui semua computer dengan menggunakan satu kali klik saja. Ruang disk pun akan lebih hemat .

  1. iShare Disk diskless server

ini tidak jauh beda dengan ccboot. iShare Disk merupakan jaringan diskless tingkat tinggi yang dapat membantu Anda dalam membangun jaringan tanpa menggunakan hard disk. Semua perangkat komputer akan dikenali secara lokal seperti flashdisk dan printer. Klien tidak akan terlihat kalau sebenarnya dia tetap bekerja di komputer server.

Demikian ulasan mengenai apa itu diskless dan macam-macamnya. Semoga menambah wawasan Anda.

promo bundling tutorial mikrotik squid proxy dan tutorial diskless server

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *