Apa itu Lo-Ra (Long Range)

Bagi kebanyakan orang awam yang tidak mengetahui banyak tentang teknologi pasti bertanya-tanya apa itu Lo-Ra. Sepintas terdengar seperti nama orang namun dalam dunia teknologi Lo-Ra merupakan singkatan dari kepanjangan Long Range. Banyak yang harus kita ketahui beberapa istilah-istilah dalam dunia teknologi yang kini mulai marak diperbincangkan.

Apa itu Lo-Ra (Long Range)

apa itu lo-ra
apa itu lo-ra

Banyak sekali istilah-istilah kata dalam dunia teknologi yang harus diketahui. Berikut ini kita bahas tentang teknologi Lo-Ra yang sangat terpopuler dan kini telah digunakan dan menjadi kebutuhan hidup di dunia.

Lo-Ra (Long Range) merupakan suatu proses perubahan suatu gelombang periodik tertentu sehingga menjadikan suatu sinyal yang mampu membawa suatu informasi. Gelombang periodik adalah merupakan gerak gelombang yang secara teratur. Perubahan gelombang ini teratur dan berulang-ulang yang mempunyai sumber berupa gangguan yang bertahap atau secara bertahap yang berupa getaran.

Proses perubahan suatu gelombang periodik itu disebut modulasi. Modulasi yang dihasilkan pada Lo-ra menggunakan modulasi FM. Dengan proses modulasi ini suatu informasi atau biasanay informasi yang berfrekuensi rendah bisa dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa. Pada pemrosesan intinya (modulasi) dihasilkan gelombang frekuensi yang stabil.

Selain dengan metode transmisi metode lain juga bisa digunakan dalam proses ini. Seperti juga bisa menggunakan PSK (Phase Shift Keying), FKS (Frequency Shift Keying) dan banyak  lagi yang lainnya.

Phase Shift Keying atau PSK merupakan pengiriman sinyal melalui pergeseran fase. PSK adalah suatu bentuk modulasi fase yang memungkinkan fungsi pemodulasi fase gelombang termodulasi  diantara nilai diskrit yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kemudian FKS atau Frequency Shift Keying juga merupakan pengiriman sinyal melalui pergeseran frekuensi. FKS ini merupakan suatu bentuk modulasi yang gelombang modulasi ini menggeser frekuensi output dari gelombang pembawa.

Nilai frekuensi pada masing-masing yang dimiliki Negara atau daerah berbeda-beda. Seperti di Negara bagian Asia mempunyai frekuensi yang digunakan yaitu 433 MHZ. Lalu di Negara bagian Eropa mempunyai frekuensi yang digunakan yaitu 868 MHZ. Kemudian di Negara Amerika Utara mempunyai frekuensi yang digunakan yaitu 915 MHZ.

Teknologi LoRa

Teknologi LoRa menawarkan jangka panjang yang sangat menarik. Seperti menggunakan daya yang rendah dan perpindahan data yang terjamin keamanannya. Jaringan publik yang menggunakan jaringan LoRa ini akan dapat memberikan jangkauan sinyal yag lebih luas.

Dibandingkan dengan jaringan seluler pada umumnya, LoRa merupakan jaringan yang mencakup lebih luas. Selain itu juga mudah dipasangkan pada kebutuhan yang kita perlukan. Kebutuhan itu seperti pada alat elektronik lainnya yang pemasangannya menggunakan wireless.

Protokol LoRaWAN

Protocol adalah adalah suatu standar atau aturan yang mengatur dan mengijinkan suatu terjadinya hubungan. Hubungan protocol LoRaWAn ini terjadi antara dua atau lebih pada computer. Secara spesifik protocol ini dibuat dengan teknologi LoRa yang dikembangkan oleh kerjasama dengan LoRa atau Aliansi LoRa.

Fitur-fitur yang tersedia pada LoRa adalah:

  1. Geolocation, fungsi ini dapat memungkinkan mendeteksi lokasi keberadaan suatu benda tanpa biaya.
  2. Biayanya rendah, biaya rendah karena dapat dengan mudah mengurangi biaya infrastruktur, biaya operasional dan sensor-sensor yang mengurangi biaya sendiri.
  3. Berstandar, karena dibuat supaya  dapat berinteraksi dan terhubung dengan fungsi produk dan sistem yang lain. Supaya dapat dengan cepat beradaptasi dengan jaringan dan amplikasi IoT. Amplikasi IoT adalah amplikasi atau sesuatu hal yang baru di dunia teknologi sensor sehingga dunia akan akan semakin otomatis.
  4. Daya baterai rendah, hanya dengan  membutuhkan daya baterai sekitar 13Ma sampai 15Ma. Maka baterai akan bertahan lama dari 10 hingga 15 tahun.
  5. Jarak wifinya sangat jauh, satu unit LoRa dapat memancar sejauh 100KM.
  6. Kapasitas sangat tinggi, sangat cocok digunakan untuk operator jaringan yang melayani banyak pelanggan. Hal ini karena mendukung jutaan per base station.

LoRa digunakan dalam komunikasi M2M (Machine to Machine). Contonya untuk mengembangkan Smart City. Dengan LoRa maka sensor-sensor akan mudah dihubungkan dengan manusia atau mesin dimana saja.

Banyak produk seri yang diproduksi Semtech untuk produk LoRa. Beberapa produk LoRa dengan seri yang berbeda-beda dan memiliki frekuensi berbeda-beda tergantung kebutuhan yang ingin digunakan.  Selain produk banyak juga keuntungan apabila menggunakan LoRa.

Beberapa contoh keuntungan kita menggunakan LoRa adalah:

Apabila ingin melihat situasi disalam ruangan rumah kita.akan terhubung dengan jelas dan mengetahui keadaan didalam ruang tersebut. Dalam bidang otomotif kita akan dapat mengetahui keberadaan kendaraan kita berada. Dalam bidang peternakan kita akan melihat keadaan ternak kita secara jelas.

Device yang mendukung sistem kerja LoRa

Apabila ingin mengetahui demikian maka perlu device yang terhubung dengan LoRa. Berikut ini beberapa device yang mendukung sistem kerja LoRa:

Antenna Eksternal

Antenna Eksternal banyak digunakan untuk konektivitas mobile Broadband. Koneksi ini menggunakan pemancar.

Port USB

Port USB digunakan untuk mengakses internet di PC atau komputer. Fungsi port USB lainnya dapat menunjang  jalannya koneksi internet supaya lebih optimal.port USB merupakan salah satu alat perangkat keras yang penting.

Network Adapter

Network Adapter adalah hardware yang dimiliki komputer user untuk melakukan akses kerja internet. Adapter ini dibutuhkan agar komputer, PC atau device yang lain bisa menangkap sinyal  yang dipancarkan oleh access point. Dengan adanya adapter ini maka setiap komputer akan terhubung dengan internet.

Router

Merupakan perangkat keras jaringan untuk akses internet. Alat ini digunakan untuk melakukan proses penghalauan dan juga menyalurkan koneksi internet melalui protocol. Fungsi router adalah sebagai pendukung yang efisien dari jaringan komputer agar saluran jaringannya lebih baik.

Server

Server merupakan komputer khusus yang dibuat sebagai pusat data. Jadi seluruh data dan informasi yang dimiliki server akan disalurkan ke user dan clien dengan menggunakan internet.

Kabel Jaringan

Kabel jaringan menstransmisi atau memindah  paket data yang sudah disediakan oleh ISP. Paket data itu dari server kemudian disalurkan kepada receiver data yang berupa akses point. Ketika  receiver menerima  sinyal melalui kabel maka akses point dapat menstransmisikan jaringan internet ke client.

Komputer Device

Perangkat tersebut merupakan alat yang paling penting. Setiap komputer atau PC akan terkoneksi oleh jaringan internet. Dan komputer merupakan alat untuk mengatur kerja internet.

Access Point

Access Point merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk  memancarkan sinyal nirkabel atau tanpa kabel dari sebuah ISP. Access Point akan menerima sinyal dan paket data dari ISP. Kemudin dapat memancarkan sinyal kepada client atau user supaya dapat berinternet.

Modem

Fungsinya yaitu menerima sinyal ISP ( Internet Service Provider), dan membuat koneksi device ke dalam jaringan internet. Hardware ini sangat penting bagi penggunaan internet untuk pribadi maupun secara berkelompok disuatu ruangan atau gedung.

 

One comment on “Mengenal Smart City di Sebuah Kota

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *