Mengenal Smart City di Sebuah Kota

Smart city bisa dibilang dengan kalimat “kota cerdas” yang dapat membantu semua pengelolaan sumberdaya yang ada di masyarakat. Sumber daya yang efisien serta memadai akan memberikan informasi yang tepat untuk masyarakat dan lembaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Baik dalam mengantisipasi kegiatan yang tidak terduga atau mendadak.

Apa pengertian smart city ?

Hampir semua Negara di dunia atau kota memiliki impian menjadikan kotanya sebagai smart city. Mengapa bisa seperti itu? Karena dengan smart city banyak berbagai macam data dan informasi yang dibutuhkan masyarakat akan mudah di dapat. Disetiap sudut-sudut kota yang terlihar jelas sampai yang tidak terlihat jelas dapat dianalisis.

Untuk menganalisisnya tentu saja melalui aplikasi cerdas, Kemudian disajikan atau ditampilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kita dapat menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari melalui gadget. Sebut saja yang sangat familiar dan sehari-hari kita membawa smartphone, disitu kita akan mengetahui berbagai sumber informasi.
Untuk berinteraksi pengguna gadget juga dapat menjadi sumber data. Biasa mereka mengirimkan informasi yang mereka ketehui melalui pusat data. Kemudian informasi itu dapat diterima oleh pengguna lain yang membutuhkan informasi.

Seperti contohnya kita sedang disuatu gedung serbaguna kemudian kita membuka map pada gadget. Kebanyakan disitu selalu kita jumpai yang namanya “rekomendasikan wilayah anda”. Kemudian anda diminta untuk menambah informasi tentang keberadaan gedung srebaguna tersebut. Baik itu informasi alamat atau bangunan yang terdekat dari gedung serba guna tersebut.

Konsep smart city di sebuah kota:

1. Ekonomi yang baik, sebuah kota akan berkinerja sebagai smart city yang baik tentu saja ada beberapa faktor yang mendukungnnya. Diantaranya adalah faktor ekonomi yang memadai, penduduk, pemerintah dan lingkungan hidup.

Faktor pemerintahan sangat berpengaruh penting karena merupakan pemimpin utama dalam tercapainya kota sebagau smart city.

2. Meningkatkan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada di kota tersebut. Seperti meningkatkan semua infrastruktur fasilitas yang digunakan masyarakat. Sebagai contoh: jalan raya, jembatan, air, listrik, dan tempat-tempat umum lainnya.

hal ini oleh pemerintah merencanakan supaya masyarakat memelihara dan menjaga keamanan kota.

3. Smart city berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan kota. Seperti menghubungkan dengan infrastruktur fisik, teknologi IT, hubungan sosial, dan menjalan bisnis.

4. Smart city menjadikan kota tersebut lebih praktis dan efisien untuk penghuninya. Sehingga kota tersebut sangat layak untuk ditinggali karena mudah dalam menjangkau berbagai informasi. Banyak pengguna fasilitas yang ada pada smart city seperti pendidikan, kesehatan, transpotasi dan lainnya yang lebih cerdas.

Mengapa lebih cerdas? Karena fasilitas tersebut akan saling berhubungan serta lebih mudah dan efisien.

Persyaratan Supaya Sebuah Kota Dapat Disebut Dengan Smart City

Lingkungan yang bersih, sebuah kota yang dilengkapi dengan infrastruktur dasar akan memberikan kwalitas hidup yang lebih layak dan memadai. Lingkungan yang bersih merupakan factor penting dalam persyaratan membangun smart city di sebuah kota.

Hal ini dikarenakan supaya program smart city berjalan lancar tanpa ada permasalahan kebersihan.

Terdapat sumber daya manusia yang terjamin seperti pasokan listrik dan air yang memadai. Disamping itu juga pengelolaan limbah yang harus ditangani setiap hari supaya udara di kota tidak tercemar. Lalu mobilitasi yang efektif dan efisien. Mobilitasi yang dimaksud disini ialah tindakan suatu pemerintahan kota yang menyangkut sumber daya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kota.

Setidaknya ada beberapa persyaratan supaya kota disebut menjadi smart city antara lain yaitu:

1. Ekonomi yang berkelanjutan dan memadai. Apabila kota memiliki tempat berlangsungnnya kegiatan ekonomi yang baik maka layak untuk disebut smart city.

2. Teknologi yang maju merupakan kaitannya dengan pembangunan dan perencanaan kota smart city. Dengan teknologi yang mudah didapat maka kota tersebut layak sebagai kota smart city.

3. Lingkungan yang mendukung dan bersih merupakan faktor penunjang kenyamanan kota smart city. Dengan lingkungan yang bersih maka masyarakat akan nyaman menggunakan fasilitas smart city. Oleh sebab itu masyarakat dituntut untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kenyamanan dan kebersihan lingkungan.

4. Masyarakat yang pintar juga merupakan faktor penting terlaksananya sistem kota smart city. Tidak hanya mewujudkan kota smart city secara fisik saja, namun masyarakat juga harus berpartisipasi. Partisipasi tersebut bisa berupa partisipasi dalam kepentingan publik, sosial, serta berwawasan luas.

5. Kehidupan yang cerdas merupakan factor penunjang utama terciptanya masyarakat kota smart city. Oleh karena itu ketersediannya pendidikan dan kesehatan yang memadai di masyarakat kota smart city sangat penting.

6. Pemerintah yang pandai merupakan pemegang peran utama dalam mewujudkan konsep smar city. Keterbukaan pemerintah dalam melayani publik sangat penting untuk menjadikan pemerintah mengusung smart city. Selain itu, layanan publik juga harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Beberapa Kota Sebagai Smart City Terbaik di Dunia

Di dunia industri sekarang ini terus berevolusi, sehingga kota juga menjadi salah satu faktor pertumbukan ekonomi Negara. Karena alasan tersebut maka banyak Negara-negara yang menerapkan smart city di kota-kota.

Beberapa identifikasi mengenai Negara-negara yang berperan sebagi smart city terbaik akan memperhatikan faktor-faktor penunjang berjalannya sistem smart city dengan baik. beberapa faktor tersebut seperti komponen teknologi IT, gedung, transportasi dan smart city itu sendiri.

Berikut ini kita akan membahas beberapa Negara yang telah menggunakan smart city terbaik di dunia.

1. Jepang, merupakan salah satu yang terpilih sebagai “Smart City” nomor satu di dunia, Tokyo terpilih sebagai smart city nomor satu di dunia karena Tokyo memang benar-benar kota yang pintar dan futuristic.

2. Spanyol, kota Barcelona yang memiliki smart city terbaik karena pemerintah dan masyarakat konsisten. Negara ini berkonsisten dalam semua factor yang mengarah ke level smart city yang lebih unggul.

3. Perancis, kota Nice merupakan kota smart city top di dunia.

4. United Emirates Arab, Masdar City merupakan kota smart city di Arab yang kuat dalam pengelolaan lingkungan.

5. Singapura, kota ini memiliki sistem traffic yang unggul dan menjadi kota smart city di dunia.
Kota Berbasis Smart City di Indonesia

Tidak kalah dengan Negara-negara lain, Indonesia telah membentuk dan menerapkan kota smart city. Kota tersebut seperti kota-kota besar yaitu: DKI Jakarta, Bandung, Balikpapan, Makasar, dan Surabaya.

kota dengan smart city di indonesia
kota dengan smart city di indonesia

1. DKI Jakarta, kota ini telah menyediakan sebuah portal untuk faasilitas warga DKI Jakarta. Tujuannya supaya warga Jakarta lebih mudah dalam menggunakan kepentingan umum.

2. Bandung, kota ini telah menyediakan 5000 wifi disetiap ruang tempat-tempat umum. Kemudian fasilitas setiap dinas memiliki data digital otomatis. Apabila ingin parker di tempat umum sudah menggunakan sistem kartu berbayar. Juga tersedia smart government untuk melayani masyarakat kota Bandung.

3. Balikpapan, juga mempunyai semua fasilitas smart city dalam penggunaan teknologi.

4. Makassar, smart hospital sudah tersedia untuk melayani masyarakat dengan mudah.

5. Surabaya, salah satu kota yang memenangkan ajang smart city Award 2011.yang dimenangkan antara lain yaitu Smart Environment, Smart Living, dan Smart Governance.

dari semua penjelasan mengenai smart city, baik itu pengertian smart city, kota dan negara yang telah menerapkan teknologi “Smart City” adakah yang masih membuat anda bingung ?, jika iya silahkan ajukan pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini ya.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *