Aplikasi Bisnis Untuk Memudahkan Kegiatan Usaha

  • IntialBoard
  • Oct 11, 2019
solusi masalah bisnis

MASALAH merupakan hal yang sudah PASTI di hadapi di sebuah proses usaha, ada beragam solusinya. berikut ini INITIALBOARD akan membahas aplikasi bisnis untuk memudahkan kegiatan usaha.

masalalah umum yang sering di hadapi dalam proses bisnis biasanya Kerja Sama, SDM, Cara Kerja, Promosi, Efisiensi, Keuangan, Utang Piutang, Permodalan, Karyawan, Koordinasi, Produktifitas, Konsumen, Marketing, Perpajakan, Administrasi dan lain lainya.

untuk mengatasi problem diatas, tentu saja anda membutuhkan aplikasi aisnis untuk memudahkan kegiatan usaha , tools yang dipergunakan untuk membantu seluruh pekerjaan bisnis.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Bisnis

manfaat menggunakan aplikasi bisnis

Terdapat beberapa kategori tools yang wajib kamu gunakan untuk membantu mengelola bisnis lebih mudah. Berikut kategorinya berdasarkan bidang atau divisi pekerjaan.

Aplikasi Bisnis Untuk Memudahkan Kegiatan Usaha Bagian Operational Bisnis

Di awal perjalanan bisnis, menggunakan layanan Gmail seperti buat email di gmmail, mungkin masih cukup untuk kebutuhan bisnismu, mulai dari mengirim, menerima, dan menyimpan email.

Namun, ketika pada saat bisnis mulai berkembang, kamu membutuhkan layanan email yang lebih profesional.

Solusinya dengan menggunakan GSuite, GSuite merupakan layanan email yang memungkinkan kamu memiliki email profesional dengan nama perusahaan seperti kontak@perusahaan.com.

layanan bisnis gratis dari gsuite

di awal, kamu bisa mencoba menggunakan GSuite Gratis, meskipun begitu berlangganan GSuite Mulai dari $6 per bulan, kamu bisa menggunakan layanan ini sebagai tools yang memudahkan kolaborasi tim kapan dan di mana saja, melalui beberapa layanan dari Google seperti Google Mail, Google Work Insights, Google App Maker, Google DOC, Google Calender, Google Drive, dan masih banyak lagi. Kamu juga akan mendapatkan layanan penyimpanan hingga 30GB.

Komunikasi internal menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis. Melakukan komunikasi melalui email dianggap belum cukup memenuhi kebutuhan dalam menjalankan bisnis.

Slack dan Flock

Karena itulah, kamu membutuhkan tools yang memudahkan komunikasi internal. Slack dan Flock adalah dua alternatif tools yang mendukung komunikasi antar tim. Dengan tools ini, kamu bisa mengirim pesan atau chat secara realtime, juga membantu kamu melihat proses kinerja dalam mengelola proyek, berbagi berkas, dan fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim.

tools yang memudahkan komunikasi internal

Hampir semua fitur keduanya sama, ada beberapa perbedaan di antara keduanya seperti harga, tampilan, integrasi dengan aplikasi lain, dan sebagainya. Kamu bisa pilih salah satu diantara kedua aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Asana dan Trello

kedua tool ini merupakan tools yang mempermudah pengelolaan tugas atau management task. Keduanya memiliki banyak kesamaan yang memungkinkan kamu untuk membuat dan mengatur tugas dalam daftar, juga mengategorikannya agar lebih mudah dikelola.

Kamu juga bisa mengundang seluruh tim ke dalam daftar tugas dan melacak siapa PIC yang ditugaskan dalam suatu proyek. Seluruh tim juga dapat memperbarui status pekerjaan masing-masing.

asana dan trello aplikasi bisnis mempermudah operational bisnis

Bedanya, Trello dapat kamu gunakan sebagai sistem manajemen tugas yang lebih sederhana dan memungkinkan kamu melacak flow kerja dengan cara yang lebih mudah.

Sedangkan, Asana bisa kamu gunakan ketika bisnismu memiliki proyek yang lebih besar dengan manajemen tugas yang lebih rumit.

Aplikasi Bisnis Untuk Memudahkan Kegiatan Usaha Bagian Human Resource

Mencari dan menemukan talenta terbaik menjadi salah satu tantangan terbesar bagi seorang HR. Untuk mempermudah proses rekrutmen perusahaan, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi atau platform yang memudahkan pencarian hingga perekrutan karyawan.

Aplikasi Bisnis Untuk Mempermudah Human Resource

Glints, Urbanhire, dan Kalibrr merupakan beberapa platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan talenta terbaik. Di mana, dengan platform atau tools jenis ini kamu tidak perlu lagi melakukan screening secara manual. Sehingga kamu bisa mendapatkan calon karyawan dengan lebih mudah, sesuai kebutuhan perusahaan.

Jadi, yang awalnya kamu harus melalui proses rekrutmen yang panjang, dengan tools ini kamu bisa menyederhanakan proses tersebut. Sehingga kamu bisa lebih produktif dan fokus pada pengembangan karyawan itu sendiri.

Setelah proses rekrutmen dilalui, dan kamu sudah mendapat karyawan terbaik sesuai kebutuhan perusahaan. Tantangan selanjutnya yang harus kamu hadapi adalah mengelola administrasi karyawan itu sendiri.

Hal ini bisa menyita banyak waktu dan tenaga. Belum lagi jika karyawan di perusahaan lebih dari 100. Proses manual tentu bukanlah pilihan. Karena itulah kamu butuh tools yang mempermudah proses administrasi karyawan dan perusahaan.

Talenta dan Sleekr

Talenta dan Sleekr bisa menjadi pilihan. Kedua tools ini bisa merupakan aplikasi HR dan Payroll yang memudahkan kamu dalam mengelola administrasi karyawan mulai dari mengelola database karyawan, mengelola cuti secara online, memonitor absensi, hingga menghitung payroll dengan seluruh komponen didalamnya lebih cepat dan mudah.

Dengan memanfaatkan tools ini kamu bisa lebih fokus pada tujuan utama bisnis yaitu bisnis berkembang lewat SDM dan talenta yang terbaik. Seperti yang sama- sama kita ketahui, SDM menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah bisnis.

Setiap perusahaan pasti akan mengadakan review per periode, bisa tahunan, per 6 bulan, atau per 3 bulan. Untuk melakukan proses review ini agak menyita banyak waktu, terutama jika karyawan berjumlah lebih dari 100. Karena itulah kamu butuh tools yang memudahkan proses review.

Engagedly dan Lattice adalah beberapa tools yang membantu proses penilaian kinerja karyawanmu.

Dengan tools ini proses review dari atas ke bawah maupun sebaliknya menjadi lebih mudah dan transparan.

Dengan melakukan review secara teratur berarti kamu telah membantu karyawan sekaligus perusahaan untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Aplikasi Bisnis Untuk Memudahkan Kegiatan Usaha Marketing

Di awal perjalanan bisnis, memasarkan produk menjadi tantangan tersendiri. Disinilah peran social media platform untuk membantu kamu memperkenalkan produk ke target audience.

Aplikasi Bisnis Untuk Mempermudah Marketing

Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn adalah beberapa social media yang bisa kamu manfaatkan. Namun, perlu diperhatikan ketika memilih media yang kamu gunakan. Perhatikan kebiasaan dari target audience dengan benar.

Misalnya produk yang kamu jual adalah sepatu kets dengan target anak muda perempuan, jadi social media yang paling efektif adalah Instagram.

Atau ketika target audience kamu adalah ibu usia 30an dengan produk peralatan memasak, mungkin Facebook bisa jadi social media yang lebih efektif dibanding Instagram.

Melakukan promosi secara offline lewat event, seminar, workshop, dan sebagainya juga bisa menjadi alternatif untuk memasarkan suatu produk dan brand.

Tapi, menyelenggarakan event bukan hal yang mudah, ada banyak hal yang harus kamu urus dan persiapkan. Mulai dari promosi event hingga penjualan tiket.

Karena itulah kamu butuh tools atau platform yang memudahkan proses penjualan tiket dan promosi. Eventbrite, Loket, dan Maimilu adalah beberapa platform penyelenggara acara yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan event.

Digital Mail Marketing Tools

Email marketing juga bisa menjadi salah satu alternatif promosi yang bisa dilakukan. Namun, mengirimkan email satu per satu ke calon pelanggan maupun pelanggan bukanlah hal yang efektif.

Selain tidak profesional, mengirim email satu per satu juga bisa menghabiskan banyak waktu. Karena itulah kamu membutuhkan tools email marketing yang memudahkan kamu dalam mengelola email mulai dari membuat email sesuai template perusahaan, mengirim email secara profesional, hingga melihat report dari email marketing tersebut.

Mailchimp, Sendinblue, Mtarget adalah beberapa tools yang bisa kamu pilih untuk membantu kamu melakukan promosi bisnis melalui email marketing.

Aplikasi Bisnis Untuk Mempermudah Urusan Finansial

Keuangan menjadi salah satu penentu, apakah bisnis yang kamu jalankan berkembang atau stagnan? Karena itulah penting buat kamu mulai mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik dan rapi. Jurnal menjadi salah satu tools yang membantu kamu mengelola keuangan dan bisnis secara sekaligus.

Aplikasi Bisnis Untuk Mempermudah Urusan Finansial

Kamu bisa membuat pembukuan dan laporan keuangan lebih mudah dan cepat. Hanya perlu mencatat transaksi ke dalam sistem, seluruh laporan keuangan yang kamu butuhkan dapat dilihat secara langsung.

Selain itu, Jurnal juga bisa membantu kamu mengelola stok barang, membuat invoice, hingga melakukan rekonsiliasi lebih cepat. Jurnal juga cocok buat kamu yang sering di luar kantor, karena Jurnal merupakan software akuntansi yang bisa kamu akses kapan saja dan di mana saja, lewat device apapun.

Pajak menjadi salah satu hal yang penting bagi bisnis. Dengan taat membayar pajak, berarti kamu turut mendukung kemajuan ekonomi Indonesia. Selain itu juga membantu kamu dalam berbagai hal, mulai dari mengelola keuangan hingga askes mendapat pinjaman modal lebih mudah.

Untuk mengelola pajak bisnis bukanlah hal yang mudah, kamu harus memahami peraturan dan tarif yang berlaku. Selain itu, ada banyak juga pajak yang harus diurus dan dihitung. Mulai dari PPN, pajak Masukan-Keluaran, PPh, dan masih banyak lagi.

Karena itulah, kamu butuh tools perpajakan, salah satunya adalah Klikpajak. Dengan Klikpajak, kamu bisa mengelola perpajakan pribadi maupun bisnis lebih mudah dan cepat mulai dari hitung, bayar, lapor, dan juga simpan data perpajakan dengan aman.

Aplikasi atau tools ini juga telah resmi menjadi partner Direktorat Jenderal Pajak. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran, dan aplikasi ini GRATIS, tidak dipungut biaya apapun.

Berapa banyak penjualan yang masuk setiap harinya? Apa semua penjualan telah tercatat dengan rapi?

Mengelola penjualan di bawah 100 masih memungkinkan untuk kamu kelola sendiri. Tapi, bisa dibayangkan jika angka penjualanmu bisa dalam angka ribuan setiap harinya? Agar lebih efisien mengelola penjualan, sistem POS (Point of Sale) inilah yang kamu butuhkan.

Aplikasi Bisnis Untuk Mempermudah Penjualan

Aplikasi Bisnis Untuk Mempermudah Penjualan

Moka, Oktopus, Pawoon merupakan beberapa tools POS yang bisa kamu pilih. Dengan POS inilah kamu bisa mengelola penjualan lebih mudah, juga membantu kamu mengupdate stok barang yang kamu miliki. Sistem POS ini biasanya sudah menggunakan sistem Cloud, sehingga kamu bisa melihat laporan penjualan secara realtime dan akurat, kapan dan di mana saja.

Ketika kamu sudah memilih POS ini, kamu juga bisa mengintegrasikannya dengan software akuntansi seperti Jurnal. Sehingga bukan hanya laporan penjualan yang kamu dapatkan, seluruh laporan keuangan yang dibutuhkan bisnis juga bisa kamu dapatkan hanya dengan 1 klik.

Cara MendapatkanModal Untuk UKM

Cara MendapatkanModal Untuk UKM

Kekurangan modal usaha ketika ingin mengembangkan bisnis? Bagi UKM, mungkin mendapatkan akses permodalan menjadi agak sulit. Apalagi jika bisnis tersebut baru berjalan beberapa bulan.

Tapi, saat ini kamu bisa lebih terbantu dengan adanya fintech P2P Lending seperti Taralite dan KoinWorks. Hanya bermodalkan perusahaan yang aktif minimal 3 bulan, kamu bisa mendapatkan pendanaan hingga Rp1 Miliar. Untuk memudahkan dalam melakukan pinjaman modal, kamu harus memiliki laporan keuangan yang rapi. Untuk membuat laporan keuangan yang mudah dan rapi, kamu bisa menggunakan Jurnal sebagai solusi pembukuan.

Dengan Jurnal, kamu juga bisa langsung mengajukan pinjaman modal ke beberapa P2P Lending dengan proses yang lebih cepat.

Sumber : Jurnal

Lanjutkan Ke :  Apa Itu Hyperautomation

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *