Apa Itu Optical Character Recognition dan Penerapanya

  • IntialBoard
  • Feb 23, 2023
apa itu optical character recognition

Optical Character Recognition (OCR) adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mengubah teks dari gambar atau dokumen yang tidak dapat diedit menjadi format teks yang dapat diedit secara elektronik. OCR menggunakan algoritma khusus untuk mengenali dan mengekstrak karakter yang tercetak dalam dokumen atau gambar, lalu mengonversinya menjadi teks yang dapat diubah dan disunting dalam program pengolah kata atau program lainnya.

OCR sering digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pengolahan dokumen, pengarsipan data, dan pengenalan pola. Teknologi ini juga sering digunakan dalam industri penerbitan, percetakan, dan perbankan. Contohnya, bank dapat menggunakan OCR untuk memproses cek, membaca nomor rekening, jumlah uang, dan nama pemilik akun dari gambar cek. Selain itu, OCR juga dapat membantu mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk memasukkan data teks manual.

 

Penggunaan Optical Character Recognition

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Optical Character Recognition (OCR)

  1. Pemindaian dokumen: OCR dapat digunakan untuk mengonversi dokumen cetak ke dalam format teks yang dapat diedit secara elektronik. Ini dapat membantu menghemat waktu dan tenaga yang diperlukan untuk mengetik ulang dokumen yang ada.
  2. Pemrosesan cek: OCR dapat digunakan untuk membaca dan memproses informasi pada cek seperti nomor rekening, jumlah uang, dan nama pemilik akun dari gambar cek.
  3. Pengenalan karakter dalam gambar: OCR dapat digunakan untuk mengenali karakter dalam gambar seperti pada plat nomor kendaraan, captcha, atau tanda tangan.
  4. Pengarsipan data: OCR dapat digunakan untuk mengonversi dokumen fisik seperti buku, surat, dan jurnal ke dalam format digital yang dapat dicari. Ini dapat membantu menghemat ruang penyimpanan dan meningkatkan aksesibilitas dokumen.
  5. Penerjemahan bahasa: OCR dapat digunakan untuk menerjemahkan teks dalam bahasa asing menjadi bahasa lain secara otomatis. Ini dapat membantu mempermudah proses penerjemahan dokumen dalam bahasa asing.

penjelasan optical character recognition

Kelebihan Teknologi Optical Character Recognition (OCR)

Beberapa kelebihan teknologi Optical Character Recognition (OCR) adalah

  • Efisiensi : OCR dapat menghemat waktu dan usaha yang diperlukan untuk memasukkan data teks secara manual, karena teknologi ini dapat mengonversi teks dari dokumen atau gambar yang tidak dapat diedit menjadi format teks yang dapat diedit secara elektronik.
  • Akurasi: OCR dapat menghasilkan teks yang akurat dan tidak memiliki kesalahan manusia, karena teknologi ini menggunakan algoritma khusus untuk mengenali karakter dalam dokumen atau gambar.
  • Produktivitas: OCR dapat meningkatkan produktivitas dalam pengolahan dokumen atau data, karena teknologi ini dapat mengonversi dokumen fisik menjadi format digital yang dapat dicari dan disunting.
  • Meningkatkan aksesibilitas: OCR dapat membantu meningkatkan aksesibilitas dokumen untuk orang yang memiliki keterbatasan penglihatan atau pendengaran, karena teknologi ini dapat membantu mengonversi dokumen fisik menjadi format digital yang dapat dibaca dengan bantuan teknologi pembaca layar.
  • Biaya: OCR dapat membantu mengurangi biaya yang diperlukan untuk memasukkan data teks secara manual atau menyimpan dokumen fisik dalam bentuk kertas, karena teknologi ini dapat mengonversi dokumen fisik ke dalam format digital yang dapat disimpan dalam media penyimpanan digital.

Kekurangan Teknologi Optical Character Recognition (OCR)

Meskipun Optical Character Recognition (OCR) memiliki banyak kelebihan, tetapi teknologi ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Terbatas pada teks cetak : OCR biasanya hanya dapat mengenali karakter pada dokumen atau gambar yang tercetak dengan jelas. Dokumen yang buram, kabur, atau memiliki tulisan tangan yang tidak jelas mungkin sulit diakses oleh OCR.
  • Keterbatasan bahasa : OCR memiliki keterbatasan dalam mengenali karakter dari bahasa yang berbeda, terutama karakter non-latin, dan dapat mengalami kesulitan dalam mengenali bahasa yang tidak umum.
  • Diperlukan editing : OCR tidak selalu menghasilkan teks yang sempurna dan memerlukan editing manual untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi. Proses editing ini dapat memakan waktu dan usaha yang signifikan.
  • Memerlukan sumber daya yang cukup : OCR memerlukan komputer dengan spesifikasi yang memadai dan software OCR yang berkualitas untuk dapat berfungsi dengan baik. Penggunaan OCR juga dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar.
  • Tidak selalu gratis : Software OCR terbaik seringkali memerlukan biaya untuk diakses atau digunakan. Beberapa opsi OCR gratis mungkin kurang akurat dan memerlukan editing lebih banyak.
  • Ketergantungan pada kualitas dokumen atau gambar : OCR memerlukan dokumen atau gambar yang berkualitas baik, dengan ukuran huruf yang cukup besar, tinta yang jelas, dan penempatan karakter yang tepat. Dokumen atau gambar yang tidak memenuhi standar ini dapat menghasilkan hasil OCR yang buruk.

 

Kenapa Perusahaan Harus Mengimplementasikan Optical Character Recognition

Sebuah perusahaan dapat mempertimbangkan untuk menerapkan teknologi Optical Character Recognition (OCR) dalam beberapa situasi, seperti :

  • Pemrosesan dokumen yang banyak : Jika perusahaan memiliki banyak dokumen fisik yang harus diproses, OCR dapat membantu mempercepat proses konversi dokumen ke dalam format digital yang dapat dicari dan diedit.
  • Peningkatan efisiensi : Jika perusahaan mengalami masalah dengan efisiensi dalam memasukkan data, OCR dapat membantu mengurangi waktu dan tenaga yang diperlukan untuk memasukkan data teks secara manual.
  • Penghematan biaya : Jika perusahaan ingin mengurangi biaya yang diperlukan untuk memasukkan data teks secara manual atau menyimpan dokumen fisik dalam bentuk kertas, OCR dapat membantu mengonversi dokumen fisik ke dalam format digital yang dapat disimpan dalam media penyimpanan digital.
  • Memungkinkan aksesibilitas yang lebih baik : Jika perusahaan ingin meningkatkan aksesibilitas dokumen untuk orang yang memiliki keterbatasan penglihatan atau pendengaran, OCR dapat membantu mengonversi dokumen fisik menjadi format digital yang dapat dibaca dengan bantuan teknologi pembaca layar.
  • Mempermudah pengambilan keputusan : Jika perusahaan ingin melakukan analisis data atau melakukan pengambilan keputusan berdasarkan data, OCR dapat membantu mengonversi data fisik menjadi data digital yang dapat dicari, diedit, dan dianalisis secara lebih mudah.
  • Peningkatan akurasi : Jika perusahaan ingin meningkatkan akurasi dalam pengenalan karakter pada dokumen atau gambar, OCR dapat membantu menghasilkan hasil yang lebih akurat dan mengurangi kesalahan manusia.

 

Lanjutkan Ke :  Algoritma Itu Apa

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *