Asesoris Pelengkap Wajib untuk Raspberry Pi dan Fungsinya

promo bundling tutorial mikrotik squid proxy dan tutorial diskless server

Hingga saat ini Raspberry Pi masihlah menjadi Leader Device yang single board computer yang banyak digunakan oleh para developer, namun untuk anda yang baru saja mengenal dan memiliki raspberry pi ada beberapa asesoris pelengkap wajib untuk raspberry pi agar RasPi anda dapat difungsikan seperti yang anda mau.

Karena raspberry pi itu pada umumnya adalah seperangkat hardware komputer dengan bentuk mini, untuk merealisasikannya Anda butuh monitor. Monitor tersebut berguna untuk melihat atau mengetahui informasi data yang ada pada komputer. Asesoris pelengkap wajib untuk raspberry pi tersebut dijual terpisah tetapi ada juga yang menawarkan paket raspberry lengkap dengan monitor.

Asesoris Pelengkap Wajib untuk Raspberry Pi dan Fungsinya

tidak semua dari asesoris yang ada dibawah ini wajib anda miliki, silahkan membeli sesuai dengan kebutuhan projek yang dibuat dan jangan over budget.

Pelengkap Wajib

1. SD Card dan Power Adapter

micro sd card rekomendasi untuk raspberry pi
micro sd card rekomendasi untuk raspberry pi

Micro SD Card bukan sekedar Asesoris, SD Card adalah barang yang harus anda beli setelah membeli raspberry pi. SD Card difungsikan  sebagai bootable OS-nya. ya seperti Hardisk pada komputer umumnya, tanpa hardisk, sebuah PC atau Laptop tidak dijalankan seperti umumnya (yah, meskipun pakai Flash Disk juga bisa sih).

Tips Membeli SD Card untuk Raspberry Pi

  • Belilah SD Card dengan kapasistas min 8Gb
  • Belilah SD Card yang memiliki Class 10
  • Jangan tergiur harga murah, belilah yang official dari raspberry pi atau official Merek. (Sandisk Official, V-Gen Official. Silahkan cek toko onlineya yang official)

2. Power Adapter

Power Adapter atau Power Supply yang di rekomendasikan untuk Raspberry Pi 3 adalah 5V 2.5A. meskipun begitu anda juga bisa menggunakan Adaptor Charger Smartphone yang meiliki Output 5V= 2A. jadi sebaiknya, bila memang dirasa ingin mengggunakan raspberry pi nya untuk project dengan konsumsi daya yang berlebih, ada baiknya anda menggunakan adaptor sesuai voltase yang disarankan.

informasi lengkap power rekomendasi untuk raspberry pi bisa dilihat disini:

FAQs

3. Casing atau Box

Pada umumnya, Raspberry Pi dijual telanjang di pasaran, maksudnya telanjang di sini adalah tanpa casing atau box ya Gan, Karena Raspberry Pi dijual tanpa casing, maka Anda wajib melengkapinya sendiri. meskipun sebenarnya  si raspi tidak harus dibelikan Case juga sih, tapi yah sebagai perlindungan lebih ada baiknya anda membelinya.

Akan Lebih Baik Jika Punya…

1. USB Port

USB port merupakan salah satu asesoris pelengkap wajib untuk raspberry pi yang tak kalah pentingnya. dengan USBport tersebut digunakan untuk menyambungkan data. Bentuk dari port tersebut pada umumnya seperti adaptor dan nanti terdiri dari beberapa port. Ada yang memiliki port sebanyak 7 buah dan ada pula yang kurang dari itu. Meskipun bentuknya berbeda-beda tetapi fungsinya tetap sama yaitu untuk menyambungkan data ke input komputer yang lain.

2. HDMI to VGA Adapter atau HDMI to HDMI

hdmi to vga adapter atau hdmi to hdmi rekomendasi
hdmi to vga adapter atau hdmi to hdmi rekomendasi

ada 2 cara untuk mengakses raspberry pi, yaitu Remote dan “Mengaksesnya Langsung”. dengan menggunakan HDMI to VGA adapter ataupun kabel HDMI to HDMI kamu bisa menghubungkan raspberry pi mu langsung ke Monitor, LCD TV, dan Proyektor. INITIALBOARD menyarankan carilah HDMI to VGA adapter yang benar-benar memiliki kualitas bagus, dan Plug and Play (tanpa instal driver)

3. Monitor

monitor rekomendasi raspberry pi
monitor rekomendasi raspberry pi

untuk bisa secara langsung mengakses raspberry pi, anda tentu saja membutuhkan monitor. monitornya bisa berupa monitor standar, dan monitor mini yang dikhususkan untuk single board computer.

memangnya ada monitor yang tidak standar ?

Standar disini ialah monitor yang sering anda lihat dan temui yang biasanya nempel pada PC. biasanya sih memiliki bentuk yang besar dan memiliki ukuran standar sekitar diatas 14′ inch, dan perlu HDMI to VGA Adapter atau HDMI to HDMI untuk menghubungkanya.

nah ada juga monitor yang lebih kecil dan ringkas yang memang sudah disesuaikan untuk Single Board Computer ini, umumnya untuk menghubungkan ke monitor jenis ini melalui Port DSI Display Monitor yang ada di single board computer secara langsung tanpa perantara adapter tambahan dan kabel lainya.

4. Keyboard dan Mouse

Keyboard dan Mouse akan sangat-sangat diperlukan bila anda akan mengakses RasPi nya secara langsung. jika anda hendak membeli keyboard dan mouse untuk raspberry pi, membelinya tidak harus yang official dari beberapa vendor single board computer. Kelebihnya jika membeli yang official yaitu perangkatnya memang benar-benar sudah dikondisikan dengan baik untuk raspberry pi, jadi tidak khawatir soal kurangnya voltase ke keyboard. yang menjadi Kekuranganya ialah harganya yang sedikit agak mahal, apalagi jika anda beli keyboard atau mouse wireless.

5. Adjusted to

ya benar sekali, adjusted to project yang diinginkan. contohnya apa ?

Sensors

Raspberry Pi Sensor 3D Gesture Sensors
Raspberry Pi Sensor Buttons & Switches
Raspberry Pi Sensor Grove Sensors
Raspberry Pi Sensor Light/Colour
Raspberry Pi Sensor Moisture/Water
Raspberry Pi Sensor Motion
Raspberry Pi Sensor Orientation/Accelerometers
Raspberry Pi Sensor Range & Distance
Raspberry Pi Sensor Rotary Encoders
Raspberry Pi Sensor Temperature/Pressure/Humidity
Raspberry Pi Sensor Touch Sensors & Keypads

Adjusted Asesoris Raspberry Pi

Raspberry Pi Audio Cables
Raspberry Pi Bluetooth Dongles
Raspberry Pi Heat Sinks & Cooling
Raspberry Pi Keyboards & Mice
Raspberry Pi Mounting Hardware
Raspberry Pi Output Adaptors
Raspberry Pi Power Supplies
Raspberry Pi Printers & Paper
Raspberry Pi Real Time Clocks (RTC)
Raspberry Pi Remote Controls
Raspberry Pi RJ45 Ethernet Cables
Raspberry Pi Raspberry Pi Storage & Hard Drives
Raspberry Pi USB / Micro USB Cables
Raspberry Pi USB Hubs
Raspberry Pi WiFi Dongles

6. Heat Sink dan Fan

Heat Sink dan Fan akan sangat-sangat diperlukan jika RasPi atau SBC lainya akan bekerja secara penuh, misalkan harus dihidupkan selama 1×24 – 7×24 jam. dari yang pernah INITIALBOARD tau, Heat Sink mempengaruhi 10-25 % untuk mengendalikan panas yang berlebih. itu dalam kondisi tidak pada ruangan ber AC.

Dengan membeli Heat Sink tentunya kamu akan menambah budget pengeluaran, jika raspberry pi kamu dirasa tidak dalam penggunakan yang ber-jam jam, maka tidak perlu dibeli. tapi alangkah baiknya memilikinya. sedikit tambahan Over Kill penggunaan water cooling untuk raspberry pi.

conclusion

intinya apapun asesoris yang akan anda beli sesuaikanlah dengan kebutuhanya, mengikuti projects yang akan dibuat. dengan begitu anda bisa meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan. jika anda masih bingung untuk memilih asesoris apa yang paling baik untuk digunakan, ga ada salahnya bertanya melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

promo bundling tutorial mikrotik squid proxy dan tutorial diskless server

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *